Bahan Kain Rayon, Kelebihan, Kekurangan Dan Karakteristiknya

Bahan kain rayon merupakan salah satu jenis kain berjenis sintetis yang pertama dibuat oleh manusia. Bahan ini terbuat dari serat alami yaitu selulosa yang berasal dari dinding sel tumbuhan dan ada juga yang terbuat dari bahan dasar pulp kayu yang kemudian diproses dengan proses kimia.

Karakteristik

Bahan rayon memiliki kemampuan daya serap yang bisa dibilang baik. Dengan kemampuan ini bahan rayon akan terasa nyaman saat digunakan. Selain itu, bahan rayon ini juga jadi lebih mudah menyerap warna saat diberi pewarna sehingga warna yang dihasilkan menjadi terlihat begitu terang.

Karakteristik selanjutnya adalah bahan yang rayon termasuk bahan yang tidak mudah kusut. Hal ini tentu saja akan memudahkan kita saat menyetrika pakaian dengan bahan rayon ini. Disamping itu, bahan rayon ini memiliki kilau yang cukup tinggi.

Tekstur bahan rayon ini lembut dan halus sehingga nyaman untuk dikenakan. Sementara dari segi retensi, bahan rayon ini memiliki tingkat retensi yang rendah sehingga akan sulit untuk kembali ke bentuk semula.

Bahan rayon adalah bahan yang tidak bisa dikategorikan sebagai bahan alami atau bahan sintetis. Hal ini dikarenakan bahan rayon ini terbuat dari bahan alami yaitu selulosa pulp kayu, tetapi dalam proses pembuatannya dicampuri dengan bahan kimia. Karena itulah bahan rayon lebih cocok disebut sebagai bahan semi sintetis.

Kelebihan bahan rayon

Bahan rayon memiliki kelebihan tersendiri salah satunya adalah daya serap yang tergolong tinggi yang membuat bahan ini menjadi sangat nyaman digunakan karena mampu untuk menyerap keringat. Selain itu bahan rayon juga memiliki banyak sekali pilihan warna. Jadi anda bebas untuk memilih warna kain sesuai dengan selera anda.

Kelebihan lain yaitu kain ini memiliki banyak jenis sehingga anda bisa memilih akan menggunakan bahan rayon jenis apa dimana hal ini tentunya dipengaruhi oleh tujuan membuat pakaiannya. Terakhir, bahan rayon tergolong bahan yang murah sehingga anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam saat ingin membeli bahan ini. Bahan ini dijadikan oleh konveksi baju https://konveksi.co dalam pembuatan berbagai jenis pakaian.

READ  Mengenal Bahan Kain Roberto Kualitas Terbaik dan Cara Merawatnya

Kekurangan

Disamping memiliki kelebihan, bahan rayon ini memiliki kekurangan pula. Kekurangan yang pertama adalah kain ini mudah luntur. Karena itu anda perlu memisahkan pakaian dengan bahan rayon ini saat hendak mencucinya.

Kedua, bahan rayon termasuk bahan yang tipis dan juga tembus pandang. Anda perlu cermat dalam memilih bahan rayon yang berkualitas agar anda bisa menemukan bahan rayon jenis terbaik yang tidak tembus pandang.

Jenis bahan rayon

Bahan rayon memiliki banyak jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Jenis yang pertama adalah rayon jersey. Sesuai namanya, bahan ini merupakan campuran antara serat rayon dengan serat jersey. Ketika anda membeli kain ini dalam bentuk gulungan, biasanya anda akan dapat mengetahui berapa persentase kedua serat itu digunakan pada kain tersebut.

Kedua yaitu rayon spandek. Untuk jenis ini selain memiliki karakter dari bahan rayon yang lembut, tetapi juga memiliki karakter dari bahan spandek yaitu elastis atau fleksibel. Bahan ini cocok digunakan untuk membuat pakaian yang ketat.

Jenis yang ketiga yaitu rayon polyester. Rayon polyester merupakan percampuran antara serat rayon dengan serat polyester. Percampuran ini membuat kain rayon polyester memiliki kualitas sekaligus harga yang tinggi.

Cara perawatan

Untuk merawat bahan rayon, anda perlu memahami dulu bahwa bahan ini termasuk bahan yang tidak stabil. Ketidakstabilan ini membuat bahan rayon mudah merenggang dan mengecil. Karena itu pada saat mencuci, anda sebaiknya menggunakan tangan saja. Setelah dicuci jangan memeras atau memutar bahan ini karena akan membuat bahan ini menjadi berubah bentuk.

Saat menyetrika gunakanlah suhu yang sedang. Apabila anda menggunakan suhu tinggi maka akan membuat serat kain mengalami kerusakan. Kerusakan serat, utamanya pada zat selulosa akan membuat bahan terlihat menguning. Setelah disetrika simpanlah di dalam lemari dengan cara digantung.