Mengenal Bahan Kain Roberto Kualitas Terbaik dan Cara Merawatnya

Bahan Kain Roberto

Setiap orang di dunia pasti memiliki setidaknya satu pakaian yang paling disukai untuk digunakan pada saat ada kegiatan tertentu. Khusus untuk para wanita, tidak semua pakaian bisa digunakan dalam acara-acara seperti misalnya pesta. Kualitas pakaian biasanya menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih pakaian kesukaan seperti misalnya pakaian dari bahan kain roberto.

Muslimah wanita cenderung memakai pakaian seperti gamis dan tunik dalam kegiatan yang diikuti. Bahan kain roberto ini merupakan salah satu bahan kain favorit yang sering dicari oleh muslimah. Meskipun di awal penggunaan kain roberto hanya pada pembuatan busana pengantin, saat ini banyak jenis pakaian muslimah yang sudah menggunakan kain ini juga.

Mengenal Bahan Roberto

Sebelum membahas terlebih jauh, hal yang pertama perlu diketahui adalah apa sih sebenarnya bahan roberto ini. Bahan roberto merupakan kain dengan kualitas tinggi dengan teksturnya yang lembut dan bisa membuat pemakai tampak glamour dan feminim. Bahan kain ini biasa ditemukan di jenis pakaian hanbok (pakaian tradisional korea), dress, gamis set, ataupun khimar.

Kain roberto sebenarnya dapat digolongkan ke dalam salah satu jenis kain satin yang banyak ditemui di pasaran. Kain satin sendiri ada banyak jenisnya dan ciri utama dari kain roberto ini adalah serat yang lebih halus, lebih lembut, dan tidak terlalu mengkilap. Saat dikenakan, kain roberto akan lebih mudah menyerap keringat daripada jenis kain yang lainnya sehingga sangat nyaman digunakan.

Baca juga: tipe kaos pria

Cara Merawat Bahan Kain Roberto

Merawat kain kualitas terbaik harus perlu kehati-hatian tinggi apalagi jika penggunaannya sangat sering. Semua hal mulai dari mencuci hingga menyimpan kain roberto ini harus diperhatikan untuk mempertahankan kualitas pakaian. Nah ini dia tips untuk merawat kain roberto:

1. Merendam

Ketika hendak menyimpan kain setelah digunakan, hal pertama yang biasa dilakukan adalah dengan merendam sebelum mulai mencuci. Sebenarnya pada tahap mencuci, kain ini hampir sama dengan kain lainnya yakni perlu direndam selama 5 menit. Jangan terlalu lama merendam karena bisa merusak serat kain satin dan membuat warna menjadi luntur.

READ  Mengenal Perbedaan Kain Wolfis dan Wollycrepe untuk Busana Muslim

2. Mencuci

Pada saat mencuci, usahakan menggunakan deterjen cair karena bulir dari deterjen bubuk bisa tertinggal di serat pakaian. Jangan pernah menggunakan mesin cuci untuk mencuci kain roberto karena bahan kain ini bisa saja melar dan merusak tampilannya. Penggunaan papan penggilas juga tidak dianjurkan, jadi hanya perlu dikucek pada bagian yang kotor saja.

3. Menjemur

Proses mencuci sebelumnya memang sangat perlu diperhatikan dan sedikit sulit karena memang hal itu yang paling mempengaruhi kualitas kain. Nah saat menjemur kain ini cukup gampang, hanya perlu menghindari kontak langsung dengan cahaya matahari dalam waktu lama. Hal itu karena warna pakaian bisa cepat pudar, cukup angin-anginkan saja hingga kering.

Baca juga: bahan kain charlotte

4. Menyetrika dan Menyimpan

Pada saat menyetrika, bahan kain roberto bukanlah jenis kain yang bisa langsung disentuhkan dengan besi setrika panas. Pastikan pakaian dengan kain roberto diberi alas kain terlebih dahulu dan diatur suhunya agar tidak terlalu panas. Suhu medium sudah cukup untuk merapikan kembali lipatan lusuh yang ada pada kain ini. Penyimpanan di lemari cukup di lemari yang kering dan bersih.

Jadi itulah dia pengertian dari bahan kain roberto dengan ciri khasnya dan juga cara mudah merawat dan menyimpan kain ini. Pakaian yang memiliki bahan dasar kain roberto pasti akan terlihat sangat cantik karena memang warnanya yang tidak terlalu glossy dan terasa lembut