Mengenal Peruntukan Bahan Kain Moscrepe yang Banyak Disukai Wanita

Bahan Kain Moscrepe

Pada beberapa bahan pakaian wanita sering menggunakan bahan kain moscrepe. Bahan kain ini merupakan kain dari keluarga kain crepe, bertekstur kasar seperti kulit jeruk namun tetap lembut. Berikut ini adalah beberapa jenis pakaian wanita yang menggunakan bahan moscrepe, yaitu:

  1. Tunik

Jenis pakaian ini adalah jenis busana wanita muslimah yang lebih pendek dibandingkan dengan gamis. Sehingga seringkali harus menggunakan tambahan celana panjang atau rok. Tunik memiliki ciri model yang jatuh, serta menutupi beberapa bagian dada, lekukan tubuh, serta bokong.

Penggunaan bahan kain moscrepe sangat cocok digunakan pada busana tunik ini. Hal tersebut dikarenakan teksturnya yang lembut, jatuh, serta elastis. Dengan demikian,  bahan ini merupakan bahan yang paling direkomendasikan untuk membuat baju tunik.

2. Gamis

Salah satu busana wanita muslimah lainnya yang cocok menggunakan kain moscrepe adalah gamis. Pasalnya bahan kain ini cukup efektif untuk menyerap keringat. Disamping itu bahan kain ini sangat lentur dan halus. Namun, penggunaan furing sangat disarankan untuk membuat gamis dari bahan ini.

Bahan utama kain moscrepe terbuat dari serat rayon yang ditenun menggunakan mesin tenun dobby. Dengan demikian, sangat cocok bila digunakan untuk membuat gamis, karena akan membentuk pola seperti pasir pada permukaan kain. Dengan demikian, busana menjadi lebih bertekstur.

3. Khimar

Teksturnya yang kasar namun rapi bahkan bila tidak disetrika sekalipun, membuat bahan kain moscrepe ini sangat cocok digunakan untuk dibuat khimar. Disamping itu, sekalipun bertekstur lembut, namun bahan ini tidak menerawang dan tetap nyaman untuk digunakan sekalipun dalam kondisi panas.

Khimar adalah sejenis kain penutup kepala pada wanita muslimah dengan model yang lebih lebar. Oleh sebab itu, penggunaan bahan kain untuk khimar sebaiknya menggunakan bahan yang jatuh seperti pada kain moscrepe ini. Keunggulan lainnya dari bahan moscrepe ini yaitu tidak menerawang.

4. Pashmina

Penggunaan pashmina dengan bahan kain moscrepe ini sangat disarankan. Pasalnya, kain ini memiliki tingkat kelenturan yang bagus, serta memiliki butiran menyerupai pasir di permukaannya yang dapat membuat pashmina menjadi lebih bertekstur namun tetap lembut.

READ  Menilik Lebih Jauh Seputar Jenis Bahan Kain American Crepe dan Bagaimana Cara Merawatnya

Kain moscrepe tidak menerawang, dan lembut bila menyentuhnya. Dengan demikian, bila membuatnya untuk dijadikan model pashmina, yang berupa kain panjang dan lebih menyerupai selendang ini sangat disarankan. Pasalnya, pashmina merupakan kain penutup kepala untuk wanita muslimah yang tidak boleh menerawang.

5. Hijab

Penggunaan hijab pada wanita muslimah sudah sangat umum dikenakan dengan beragam bahan kain yang berbeda-beda. Namun, memilih bahan kain moscrepe untuk penggunaan hijab ini dapat membuat hijab lebih bertekstur, tidak menerawang, serta lebih lembut bila disentuh.

Sebagai busana yang menutup bagian kepala, hijab haruslah dapat memberikan kenyamanan kepada penggunanya. Oleh sebab itu, pemilihan bahan untuk pembuatan hijab ini harus memilih bahan yang nyaman dan tidak menerawang, seperti pada penggunaan kain moscrepe ini.

Baca juga: bahan kain rayon

6. Gaun

Jenis busana ini memang mengharuskan menggunakan bahan yang jatuh dan lembut. Walaupun beberapa gaun sering menggunakan bahan kain sutra yang lembut. Namun, kain sutera cenderung lebih mahal. Oleh sebab itu, alternatif penggunaan bahan yang lebih ekonomis untuk gaun sebaiknya menggunakan bahan moscrepe.

Penggunaan bahan ini selain cocok untuk beberapa busana wanita muslimah, ternyata cocok juga untuk dijadikan bahan untuk membuat gaun. Pasalnya, bahan ini bertekstur jatuh, kasar seperti kulit jeruk, namun lembut. Sehingga cocok digunakan pada gaun wanita. Alternatif lain selain penggunaan kain sutra yang lebih mahal.

Bahan kain moscrepe adalah jenis bahan yang digunakan untuk berbagai busana wanita. Khususnya untuk busana wanita muslimah. Hal tersebut dikarenakan kain ini memiliki beberapa keunggulan yang telah dijelaskan sebelumnya.