Ciri Khas Bahan Kain Charlotte, Kain Favorit yang Banyak Dicari

Bahan Kain Charlotte

Menemukan bahan kain yang nyaman digunakan bukan perkara mudah karena memang selera orang berbeda-beda. Tetapi pada dasarnya kain yang nyaman adalah jenis kain yang terasa lembut di kulit dan tidak panas. Tentu saja jenis kain yang dingin sangat diminati di Indonesia karena iklim yang cenderung panas. Salah satu kain terbaik untuk pakaian adalah bahan kain charlotte.

Pakaian untuk wanita biasanya memiliki beragam jenis kain dalam pembuatan model pakaian yang sama. Ini karena memang banyak jenis kain yang bisa cocok dengan model-model pakaian wanita seperti gamis, tunik, atau bahan kerudung. Saat ini akan mengulas secara lengkap apa itu kain charlotte yang belum terlalu familiar tetapi banyak ditemui di pasaran.

Apa itu Kain Charlotte?

Bahan kain charlotte sendiri di pasaran sebenarnya sering dikenal sebagai salah satu jenis kain katun Jepang yang di Indonesia sering disebut kain linen. Kain ini banyak ditemui sebagai bahan utama pakaian wanita dan juga bahan busana tidur. Kebutuhan style yang sangat variatif saat ini turut mendorong keberadaan kain charlotte di masyarakat.

Kain ini merupakan salah satu jenis kain satin dengan ciri khas penenunan teknik filamen yang memang tidak terlalu berbeda. Tetapi ketika dikenakan, bahan kain ini akan memberikan perbedaan nyata mulai dari kekakuan bahan, tekstur, kemampuan menyerap keringat, dan licin tidaknya. Bahan kain charlotte ini salah satu dari jenis kain satin terbaik yang punya harga lebih tinggi loh.

Ciri Kain Charlotte

Ada beberapa perbedaan mencolok yang ditonjolkan dari jenis kain satin satu ini dibandingkan yang lain. Ini akan menjadi panduan untuk para pemula agar bisa dengan mudah membedakan kain jenis ini dengan yang lainnya:

1. Tekstur Halus dan Adem

Ciri pertama yang paling ditonjolkan adalah bahan kain yang terasa halus ketika bersentuhan dengan kulit dan adem. Bahan kain ini saat diraba pun sudah bisa terasa memiliki kehalusan yang sangat baik. Kain ini sangat cocok digunakan pada berbagai jenis dress dan pakaian muslimah.

READ  Mengenal Bahan Kain Roberto Kualitas Terbaik dan Cara Merawatnya

2. Ringan dan Jatuh

Ketika dikenakan, beberapa kain biasanya akan membentuk lekukan dan cenderung kaku tetapi tidak pada kain satu ini. Bahan kain charlotte adalah tipe kain yang jatuh saat dikenakan jadi tubuh pengguna tidak akan terlalu mencolok terlihat. Selain itu bobot dari kain ini juga enteng, tidak terasa mengganggu saat digunakan. Jangan khawatir masalah kusut, charlotte ini tidak mudah kusut.

Baca juga: baju kaos pria keren

3. Serat Lebih Baik dari Satin

Kain satin yang lainnya memiliki serat yang kadang masih terlalu besar dan tidak rapi sehingga terasa mengganggu saat dikenakan. Serat pada kain ini lebih rapi dan halus sehingga memang kualitasnya lebih baik daripada jenis kain satin lainnya. Karena memang kualitas yang lebih baik, harganya pun lebih tinggi dari kain satin.

4. Warna Kain Glowing Doff

Corak pada kain biasanya tidak memiliki warna yang lebih mencolok daripada kainnya sendiri. Berbeda dengan itu kain charlotte pada setiap corak dan printing yang ada tampak berkilau karena memang dilapisi bahan tertentu. Ini membuat bahan kain tampak lebih elegan dan lebih cantik daripada kain motif yang lainnya.

5. Tidak Transparan

Ciri terakhir yang membuat kain ini jadi primadona adalah kain yang tidak transparan saat dikenakan. Pakaian muslimah utamanya akan membutuhkan kain yang tidak terawang dan seringkali kain yang digunakan adalah kain tebal tidak nyaman. Nah kain charlotte ini terasa dingin, nyaman dan tidak tembus pandang.

Baca juga: bahan american crepe

Jadi itulah dia beberapa hal dasar yang perlu diketahui dari bahan kain charlotte. Hal ini sangat penting untuk dimengerti apalagi ketika hendak memilih kain untuk membuat pakaian sendiri. Kualitas kain yang buruk akan membuat pakaian jarang dikenakan dan lebih sering ditinggalkan di lemari.