Menilik Lebih Jauh Seputar Jenis Bahan Kain American Crepe dan Bagaimana Cara Merawatnya

Bahan Kain American Crepe

Bahan kain American Crepe merupakan salah satu kain yang banyak diminati oleh kaum hawa. Pasalnya, bahan ini memiliki tekstur yang unik seperti kulit jeruk atau seperti butiran pasir. Selain itu, bahan ini pun lentur, tebal, dan tidak menerawang sehingga cocok dijadikan sebagai material pakaian muslim.

Kata crepe sendiri berasal dari bahasa Perancis, yaitu crinkle yang artinya adalah mengkerut yang sama seperti tekstur dari bahan ini. Pada masa dahulu kain ini sulit untuk ditemukan karena bahan dasarnya mahal. Namun, kini bahan American Crepe sangat mudah ditemukan dan memiliki banyak jenis.

Jenis Bahan kain American Crepe

Bahan american crepe sendiri terdiri dari kombinasi beberapa bahan, yaitu katun, sutra, wol, hingga polyester. Maka, tidak heran jika bahan American crepe sekarang ini memiliki banyak jenis yang akan memperkaya karakteristiknya. Berikut ini adalah ulasan mengenai jenis bahan American crepe yang bisa dijadikan sebagai referensi:

1. Crepe de Chine

Jenis bahan ini terbuat dari material sutra sehingga memiliki karakteristik lebih lembut dengan terdapat efek berkilau. Oleh karena itu, bahan jenis ini cocok digunakan sebagai gaun yang elegan karena memiliki finishing warna yang mengkilap dan bahannya ringan.

Namun, agak sulit untuk merawat jenis bahan ini karena tidak bisa terkena matahari langsung atau disetrika dengan suhu yang panas. Pasalnya, jika terkena panas yang berlebih, warna dari bahan ini akan memudar.

2. Crepe Marocain

Jika mencari bahan kain american crepe dengan tekstur yang lebih berat dari bahan American crepe pada umumnya, pilihlah bahan kain jenis ini. Pasalnya, bahan crepe marocain terbuat dari kombinasi antara bahan wol, rayon, dan juga sutra. Karakteristik khas dari jenis bahan ini adalah tekturnya yang bergaris dengan bahan yang sedikit bergelombang.

Baca juga: kaos untuk pria

READ  Bahan Kain Rayon, Kelebihan, Kekurangan Dan Karakteristiknya

3. Wool Crepe

Bahan jenis wool crepe sangat cocok digunakan ketika cuaca dingin karena bahannya tebal namun tidak panas ketika dikenakan. Selain itu, bahan jenis ini juga bisa dibilang tahan air sehingga ketika terkena rintikan hujan, pakaian tidak terlalu cepat basah. Pasalnya, wool crepe terbuat dari serat wol dari bulu hewan tertentu dan dibuat menggunakan teknik tenun.

4. Crepe Georgette

Tekstur dari bahan jenis ini mirip seperti bahan sifon karena lentur dan agak transparan. Pasalnya, crepe georgette terbuat dari bahan sutra asli ataupun sutra buatan sehingga menjadikan bahan ini menjadi cukup elastis. Bahan jenis ini umumnya digunakan sebagai atasa atau dalaman seperti furing karena bahannya tipis dan dingin.

5. Bubble Crepe

Salah satu jenis bahan American crepe yang banyak diminati adalah jenis bubble crepe. Pasalnya, bahan ini memiliki karakteristik yang ringan, lembut, dan juga tidak menerawang apabila terkena cahaya. Keunggulan lainnya dari bahan ini juga adalah tidak mudah kusut atau lecek sehingga mudah untuk disetrika.

Baca juga: bahan kain moscrepe

Cara Merawat Bahan Kain American Crepe

Setelah mengetahui tentang beragam bahan American crepe, kini saatnya mengetahui bagaimana cara merawatnya. Pasalnya, bahan American crepe memiliki tekstur yang lembut sehingga jika dirawat secara sembarangan, serat kainnya akan cepat rusak. Agar pakaian dari bahan american crepe awet, lebih baik dicuci secara manual menggunakan tangan daripada menggunakan mesin cuci.

Apabila terdapat noda pada bahan american crepe, lebih baik menggosoknya secara pelan-pelan menggunakan spons dengan air hangat. Kemudian, hindari merendam pakaian dengan bahan american crepe terlalu lama karena serat kain akan lebih mudah hancur. Ketika menyetrika, gunakan suhu yang rendah agar menghindari meleleh atau terbakarnya bahan american crepe.

Itulah ulasan lengkap mengenai apa saja jenis bahan kain american crepe dan bagaimana merawatnya. Meskipun merawat bahan american crepe dibutuhkan keuletan namun akan sebanding dengan kenyamanan bahannya. Jadi, dari ulasan tersebut apakah tertarik untuk membuat atau memproduksi pakaian menggunakan bahan american crepe?

READ  Mengenal Perbedaan Kain Wolfis dan Wollycrepe untuk Busana Muslim